Rabu, 02 Januari 2019

Rev 1 Angela Retno Suryandari HS ( 2017082019 ) PengembanganTes Kecemasan Pada Anak Berkebutuhan Khusus


Judul                 : PengembanganTes Kecemasan Pada Anak Berkebutuhan Khusus
Penulis              :  Ari Setiawan dan Widi Astuti
Reviewer           :  Angela  Retno Suryandari HS ( 2017082019 )
Kelas                 :  Pengasih B-1
Tanggal             :  30 Desember 2018

I.         PENDAHULUAN
Jurnal penelitian ini dilatar belakangi karena peneliti melihat di lapangan bahwa kecemasan yang  dialami oleh anak berkebutuhan khusus membutuhkan pengobatan yang tepat
       Kecemasan sering terjadi pada siswa dengan kebutuhan khusus saat bersosialisasi. Langkah-langkah yang salah untuk mendeteksi kecemasan pada Siswa dengan kebutuhan khusus dapat mengganggu proses sosialisasi mereka. 
       Siswa dengan kebutuhan khusus adalah siswa dengan karakteristik mental, sosial, emosional, atau fisik yang secara khusus berbeda dari siswa normal (Lakshita, 2017: 7)
               Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kecemasan berhubungan negatif dengan hasil akademik siswa. Tes semacam ini diharapkan bermanfaat untuk mengidentifikasi kecemasan yang dialami siswa dengan kebutuhan khusus dalam kaitannya dengan hubungan sosial.
II.      METODE PENELITIAN
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan tes kecemasan bagi siswa dengan kebutuhan khusus. Instrumen non-tes dikembangkan untuk tes.
 Pengembangannya didasarkan pada komponen kondisi fisik, emosional, perilaku, dan kognitif.
Instrumen yang dikembangkan digunakan untuk mengumpulkan data di SLB dengan melibatkan 102 siswa sebagai responden. Analisis kemudian dilakukan pada data yang dikumpulkan. Analisis ini termasuk tes validitas item menggunakan EFA (Setiawan & Fadil, 2017).
III.   HASIL PENELITIAN
Penelitian menghasilkan instrumen yang digunakan dalam mengidentifikasi kecemasan pada Siswa dengan kebutuhan khusus, kemudian  dikembangkan berdasarkan tinjauan literatur, studi lapangan, dan konsultasi ahli. Instrumen yang terdiri dari 20 item diperoleh pada tahap awal divalidasi dengan mengamati nilai matriks korelasi anti-gambar yang, dari hasil EFA dilakukan, nilai yang diperoleh adalah antara 0,5 hingga 0,9. Hasil ini berarti item tersebut valid. Kemudian  mencari nilai eigen untuk menentukan faktor atau komponen yang terbentuk dalam tes sehingga dapat menentukan faktor atau komponen yang terbentuk dalam tes. Berdasarkan pembahasan instrumen tes kecemasan yang digunakan untuk mengidentifikasi kecemasan pada siswa dengan kebutuhan khusus adalah valid dan reliabel.
IV.   KOMENTAR
1.        Kekuatan dalam penelitian ini alat yang digunakan dalam penelitian berupa kuesioner cukup mudah digunakan oleh sebjek peneliti sehingga dalam pengambilan datanya tidak dibutuhkan waktu yang lama seperti pada penelitian kualitatif.
2.        Teori dan model analisis yang digunakan tepat.
3.        Bahasa yang digunakan penulis mudah dipahami maksud dan tujuan oleh pembaca. Analisisnya sangat rinci dan mudah dipahami.
4.        Penulis sangat detail  dalam menyimpulkan keseluruhan  isi dari jurnal .
5.        Penulis sangat detail dalam memberikan hasil yang didapat dalam melalukan penelitian.
DAFTAR PUSTAKA
Aiken, (2003). Tes dan penilaian psikologi. New York: Pearson Ed Group, Inc.
Anastasi, Anne & Urbina, Susana. (2007). Tes psikologi, terjemahan Robertus
Hariono S. Imam, Tes psikologi. Jakarta: Indeks.
Coaley, K. (2010). Pengantar untuk penilaian pshycological dan pshycometric London: Sage Publications.
Garnida, Dadang. 2017. Modul Pembinaan Karier Guru Tunagrahita Kelompok Kompetensi A, Pedagogik: Karakteristik Anak Berkebutuhan Khusus Profesional: Konsep Dasar Program Pengembangan Diri Anak Tunagrahita. Bandung: PPPPTK TK dan PLB Bandung.
Robinson, J.P., Shaver, P.R., & Wrightsman, L.S. (1991). Ukur kepribadian dan sikap
 sosial psikologis, San Diego: Academic Press Inc.
Setiawan, A, & Astuti, W,  Pengembangan Anxiety Test Kebutuhan Khusus Anak. Prosiding Seminar Internasional Dalam Pendidikan UST 2018, Yongyakarta


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Rev 2 WijiAstuti Implementation of Environmental Education

Implementation of Environmental Education by :WijiAstuti Adiwiyata is one of the key programs of the Ministry of Environment aimed a...