Rabu, 02 Januari 2019

Rev 2 Angela Retno Suryandari HS ( 2017082019 ) Evaluasi Dengan Pendekatan Formatif Dari Scriven


Judul                      :  Evaluasi Dengan Pendekatan Formatif Dari Scriven
Penulis                   :  Dian Sri Suhesti, Ari Setiawan
Reviewer                :  Angela  Retno Suryandari HS ( 2017082019 )
Kelas                      :  Pengasih B-1
Tanggal                  :  30 Desember 2018

I.     PENDAHULUAN
Mengacu pada Permendikbud nomor 022 tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan bahwa proses pembelajaran pada satuan pendidikan diselenggarakan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan , menantang , memotifasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat , minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik . Untuk itu para pakar pendidikan merancang berbagai strategi dan model pembelajaran.
Berdasarkan hal tersebut bahwa penelitian evaluasi merupakan suatu prosedur ilmiah yang sitematis yang dilakukan untuk mengukur hasil program atau proyek
 ( efektifitas suatu program ) sesuai dengan tujuan yang direncanakan atau tidak.
Evaluasi hasil Pembelajaran dilakukan saat proses pembelajaran dan di akhir satuan pelajaran dengan menggunakan metode dan alat berupa tes lisan /perbuatan dan tes tulis.
II.      METODE PENELITIAN
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah evaluasi dengan pendekatan formatif yang dikemukakan oleh Scriven. Evaluasi formatif difungsikan sebagai pengumpulan data pada waktu pendidikan masih berlangsung
Responden berjumlah 58 siswa dengan teknik pengumpulan data memakai instrument berupa kuesioner dengan model sumatifratingscale. Teknik analisis data adalah diskriptif kuantiatif, dengan bantuan excel.
III.   HASIL PENELITIAN
     Ada 2 Hasil penelitian:
a.       Proses pembelajaran kaitannya dengan pendahuluan  dengan hasil 55,17 % dari seluruh responden menilai baik.
b.       Proses pembelajaran kaitanya dengan model pembelajaran yang dilakukan guru dengan hasil 51,73% dari seluruh responden menilai baik.
Penilaian pembelajaran merupakan tahap penting, selain sebagai bahan evaluasi penilaian ini juga memberikan tolok ukur keberhasilan pembelajaran.
IV.   KOMENTAR
1.        Kekuatan dalam penelitian ini alat yang digunakan dalam penelitian berupa kuesioner cukup mudah digunakan oleh sebjek peneliti sehingga dalam pengambilan datanya tidak dibutuhkan waktu yang lama seperti pada penelitian kualitatif.
2.        Teori dan model analisis yang digunakan tepat.
3.        Bahasa yang digunakan penulis mudah dipahami maksud dan tujuan oleh pembaca. Analisisnya sangat rinci dan mudah dipahami.
4.        Penulis sangat detai dalam menyimpulkan keseluruhan  isi dari jurnal .
5.        Penulis sangat detail dalam memberikan hasil yang didapat dalam melalukan penelitian.
DAFTAR PUSTAKA
Ariapati, Lalu Wirya & Budiningsih,C Asri ( 2017 ). Pelaksanaan Kurikulum 2013 Di SD Negeri Serayu Yogyakarta . Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan Vol. 04, No. 2 . ( pp. 185-200)

Arikunto, S, ( 2007 ). Manajemen Penelitian, Jakarta : Rineka Cipta

Devi, P. Kamalia. ( 2017 ) . Modul Pengembangan Keprofesionalan Berkelanjutan KIMIA SMA Terintegrasi Penguatan Pendidikan Karakter Kelompok Kompetensi D. ( Pp 8-40 ). Jakarta: PPPPTK IPA Dirjen Kemendikbud

Mendikbud RI. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 022 Tahun 2013 tentang Standar Penilaian ( 2013 )

Setiawan, A, & Suhesti, Dian, S, Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran Kimia SMA Kurikulum 2013, Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, UST,Yogyakarta


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Rev 2 WijiAstuti Implementation of Environmental Education

Implementation of Environmental Education by :WijiAstuti Adiwiyata is one of the key programs of the Ministry of Environment aimed a...